BAB 1 LAPORAN OBSERVASI


PENDAHULUAN BAB 1
LAPORAN OBSERVASI KEGIATAN DI LINGKUNGAN SEKITAR

Tujuan Pembelajaran:
·         Memahami struktur dan kaidah teks laporan observasi
·         Menganalisis teks laporan hasil observasi
·         Mengevaluasi teks laporan hasil observasi
·         Membandingkan teks observasi dengan teks lainnya
Karakter yang Dikembangkan:
·         Tanggung jawab, dalam menulis teks observasi hasilnya harus sesuai dengan jalannya diskusi.
·         Disiplin, yaitu dalam diskusi diwajibkan untuk mengikuti jalannya obesvasi yang dicermati.
·         Peduli, yaitu yaitu peka dan tanggap terhadap kejadian sosial yang terjadi dalam masyarakat.

·         Apersepsi



               Dunia  adalah tempat yang terdapat peristiwa menarik dan unik. Dari keindahan keanekaragaman hayati dan fauna hingga bencana alam yang merugikan, dengan hal tersebut sangat tepat untuk melakukan observasi dan menemukan hal menarik yang belum kita ketahui, cara melakukan observasi yaitu dengan pengumpulan data yang di amati dan menjadi sebuah laporan.
Dalam bab ini, Anda akan mempelajari mengenai Laporan teks hasil observasi. Bagaimana cara kita melakukan observasi? bagaimana cara untuk pengumpuln data observasi, bagaimana struktur dan kaidahnya? Dan bagaimana caranya menganalisis dan mengevaluasi teks laporan Observasi? Mari kita pelajari bersama.

       A.  Memahami pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum mengenai sesuatu yang disusun dan didasarkan pada hasil pengamatan dan fakta, melalui kalimat deskripsi, laporan hasil observasi pula berfungsi menjelaskan suatu objek atau fenomena yang didasari oleh hasil pengamatan. Dalam penyusunannya teks ini memaparkan fakta-fakta jelas dan terperinci.
Perhatikan Teks dibawah ini dengan baik.
FLORA
Kantong semar merupakan jenis tanaman langka karnivora sewaktu daun masih muda, kantong pemangsa pada Nepenthes tertutup. Lantas, membuka ketika sudah dewasa. Namun bukan berarti kantong flora karnivora ini menutup sewaktu masih muda saja. Ia menutup diri ketika sedang menggayang mangsa. Tujuannya supaya proses pencernaan berjalan dengan lancar dan tidak diganggu kawanan musuh yang siap merebut makanan yang sudah ia peroleh. (www.hyoudou-dragon.blogspot.com)

Teks di atas merupakan contoh dari laporan hasil observasi. Disebut sebagai teks observasi karena teks ini megemukakan tentang fakta-fakta yang diperoleh dengan pengamatan seingga pembaca memperoleh pengetahuan dan wawasan secara terbukti, bukan hasil imajinasi.
Perhatikan lagi teks dibawah ini.

Sekitar dua ratus pelajar sekolah dasar(SD) seluruh Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus, melakukan Jambore Ranting Tingkat Pandega, Sabtu (06/10/18). Acara tersebut diadakan di dua tempat, yaitu: Lapangan Bola Desa Kedungsari dan Lapangan Bola Desa Besito dikarenakan banyaknya peserta lomba dari sekolah dasar(SD), dari hal ini, acara Jambore Ranting Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus didampingi oleh kakak-kakak Dewan Kerja Ranting(DKR). Dalam acara tersebut dimaksudkan untuk mempersatukan dan silaturohmi bagi berbagai sekolah dasar(SD) dari berbagai desa di Kecamatan Gebog. Acara tersebut terselenggara dalam dua hari satu malam.

Setelah anda membaca teks di atas pasti mendapat informasi mengenai pelaksanaan Jambore Ranting di Kecamatan Gebog. Oleh karena itu paragraph di atas diklasifikasikan ke dalam jenis laporan. Hal tersebut sesuai dengan karakteristik laporan, yakni teks bertujuan memberikan wawasan atau informasi yang jelas. Perhatikan saja teks di atas, setiap kalimat pada teks tersebut berupa fakta.
1.
1.      Sekitar dua ratus pelajar sekolah dasar(SD) seluruh Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus,  melakukan Jambore Ranting Tingkat Pandega, Sabtu (06/10/18), (fakta).
2.      Acara tersebut diadakan di dua tempat, yaitu: Lapangan Bola Desa Kedungsari dan Lapangan Bola Desa Besito dikarenakan banyaknya peserta lomba dari sekolah dasar(SD), dari hal ini, acara Jambore Ranting Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus didampingi oleh kakak-kakak Dewan Kerja Ranting(DKR). Dalam acara tersebut dimaksudkan untuk mempersatukan dan silaturohmi bagi berbagai sekolah dasar(SD) dari berbagai desa di Kecamatan Gebog. Acara tersebut terselenggara dalam dua hari satu malam. 
Ciri-ciri Bahasa Teks Laporan hasil observasi
         Ciri-ciri dalam Teks Laporan hasil Observasi yaitu:
1.  Mengandung fakta.
2.  Bersifat objektif.
3.  Ditulis sempurna dan lengkap.
4. Tidak memasukan unsure-unsur yang menyimpang, mengandung prasangka dan pemihakan.
5.  Disajikan secara menarik
6.  Berbobot
7.  Dalam laporan sering dimulai  dengan kalimat definisi  tentang penggolong atau klasifikasi. Seperti contoh(a) Mamalia adalah binatang yang menyesui.
(b)”Kucing besar” adalah hewan pemangsa dan pemakan daging.
8. susunan logis.
9. tata bahasa jelas.
B.    Membandingkan Laporan Hasil Observasi dengan jenis Teks lainnya.


Komentar

Postingan Populer