Skenario Pembelajaran_Reno SL
Skenario
Pembelajaran
Proses
belajar mengajar perlu direncanakan agar dalam pelaksanaanya berlangsung dengan
baik dan tepat hinnga mencapai hasil yang maksimal. Perencanaan progam
pembelajaran juga mengajar memperkirakan mengenali tindakan apa yang akan diadakan
pada waktu pelaksanaan pembelajaran.
Untuk membuat perencanaan pembelajaran yang baik,
dan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang ideal, disini saya Reno
Septia Budi Laksono akan melakukan perencanaan pembelajaran/sekenario
pembelajaran, yaitu sebelum mengajar saya akan mempersiapkan bahan ajar yang
mengenai materi-materi pembelajaran dengan mengedentifikasikannya terlebih
dahulu sebelum mengulasnya. Disini
pembelajaran yang akan saya sampaikan
adalah mengenai “teks deskripsi”.
Setelah saya melakukan persiapan untuk bahan ajar
mengenai teks deskripsi, saya memeriksa kembali persiapan bahan ajar untuk
kecocokannya sama silabus yang sudah diterapkan oleh pemerintahan mengenai teks
deskripsi. Dihari selanjutnya ketika tiba saat hari pembalajaran dan didalam
kelas, langkah yang saya lakukan adalah dengan tersenyum terhadap peserta
didik, menyapa sapa bercakap cuap dan mempresensi peserta didik. Hal yang
pertama saya lakukan didalam kelas ini sangatlah penting karena dengan kita
peduli terhadap peserta didik maka akan timbul pendekatan yang baik. Setelah
langkah pertama telah saya lakukan yang berikutnya adalah mempersiapkan materi
mengenai “teks deskripsi”, disini dalam pembelajaran saya telah disesuaikan
dengan KD(kompetensi dasar) yang telah dibuat pemerintahan dari silabus, dengan
point pertama, inilah poin pertama yang akan saya berikan terhadap peserta
didik :
1. Memahami
= teks deskripsi mengenai objek(sekolah, tempat bersejarah atau suasana pentas)
Disini dalam poin pertama saya akan
memberikan objek yang saya khususkan objek di sekolahan karena yang dekat
dengan peserta didik, disini metode saya adalah menerangkan apa itu teks
deskripsi setelah menerangakan, lalu
saya melakukan uji coba melalui pembelajaran saya, yaitu membentuk
kelompok dengan model bazz group yaitu
dari kelompok besar menjadi kelompok kecil, objek yang saya berikan adalah
menganalisis dan mendeskripsikan tentang tumbuhan di sekitar lingkungan sekolah
dengan mencatat manfaat tumbuhan tersebut. Jadi saya melakukan pembelajaran di
luar kelas juga.
2. Mengamati
dan mengidentifikasi = dalam teks deskripsi iru harus ada pengamatan dan
mengidentifikasi, siswa saya suruh untuk mengamati dan mengedentifikasi
terhadap tugas yang saya berikan untuk mengamati tumbuhan disekitar sekolah, disamping
pengamatan saya sebagai guru pun juga mengamati kinerja peserta didik yang
sedang melakukan tugasnya.
3. Pendekatan
= seorang guru harus wajib melakukan pendekatan dalam sistem pembelajarannya
disini ketika metode saya sedang berjalan dan peserta didik telah aktif
berdiskusi perkelompoknya mengenai pendiskripsian terhadap lingkungan
disekitarnya, kemudian saya sebagai guru melakukan surve dan menilai keaktifan
peserta didik dalam diskusi yaitu dengan cara berkeliling, ketika peserta didik
telah selesai mengerjakan tugasnya, kemudian saya suruh kumpul jadi satu
semuanya kemudian mempresentasikan perkelompok dengan penunjukannya melalui
cara lempar bola, dengan ini maka akan efisien dan ceria.
Setelah dari point
pertama telah saya berikan dengan model pembelajaran saya, selanjutnya saya
melakukan metode pembelajaran yang sesuai dengan KD point ke dua 3.2.
Sebagai seorang
pengajar saya melakukan dengan poin ke dua yaitu menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek dan materi selanjutnya.
1. Mengapresiasi
= sebagai guru ketika ada seorang peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar
harus ada sisi pengapresian, disini metode pengapresiasian saya adalah berupa tepuk
tangan dan pemberian nilai tambahan.
2. Berkelompok
= dalam metode saya dalam pembelajaran yaitu saya sangat suka dengan cara
berkelompok, karena dengan cara ini siswa bisa berinteraksi dengan baik.
3. Penilaian
= menjadi seorang pengajar harus menilai dan wajib ketika mengenai hasil
pembelajarannya yaitu dengan teks tertulis, pilihan ganda, esai maupun lisan.
Dari uraian di atas
adalah metode yang saya rangkai ketika pembelajaran berlangsung maupun sebelum
pembelajaran berlangsung. Metode pembelajaran ini saya sesuaikan dengan KD yang
ada, agar tidak melenceng dari pembelajaran yang sudah di sistemkan oleh
kepemerintahan, menurut saya metode ini sangat cocok di jaman sekarang ini,
karena kebanyakan siswa itu missal berada di dalam kelas terus untuk
melaksanakan pembelajaran akan merasa jenuh.
Metode saya ini
mempunyai symbol yaitu mengajar dengan ikhlas dan bersama-sama saling
interaksi, bersikap disiplin dalam bertindak.
Penulisan,by
Reno septia budi L
Komentar
Posting Komentar