Skenario Pembelajaran_Reno SL


Skenario Pembelajaran


         Proses belajar mengajar perlu direncanakan agar dalam pelaksanaanya berlangsung dengan baik dan tepat hinnga mencapai hasil yang maksimal. Perencanaan progam pembelajaran juga mengajar memperkirakan mengenali tindakan apa yang akan diadakan pada waktu pelaksanaan pembelajaran.
Untuk membuat perencanaan pembelajaran yang baik, dan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang ideal, disini saya Reno Septia Budi Laksono akan melakukan perencanaan pembelajaran/sekenario pembelajaran, yaitu sebelum mengajar saya akan mempersiapkan bahan ajar yang mengenai materi-materi pembelajaran dengan mengedentifikasikannya terlebih dahulu sebelum mengulasnya. Disini  pembelajaran yang akan saya sampaikan  adalah mengenai “teks deskripsi”.
Setelah saya melakukan persiapan untuk bahan ajar mengenai teks deskripsi, saya memeriksa kembali persiapan bahan ajar untuk kecocokannya sama silabus yang sudah diterapkan oleh pemerintahan mengenai teks deskripsi. Dihari selanjutnya ketika tiba saat hari pembalajaran dan didalam kelas, langkah yang saya lakukan adalah dengan tersenyum terhadap peserta didik, menyapa sapa bercakap cuap dan mempresensi peserta didik. Hal yang pertama saya lakukan didalam kelas ini sangatlah penting karena dengan kita peduli terhadap peserta didik maka akan timbul pendekatan yang baik. Setelah langkah pertama telah saya lakukan yang berikutnya adalah mempersiapkan materi mengenai “teks deskripsi”, disini dalam pembelajaran saya telah disesuaikan dengan KD(kompetensi dasar) yang telah dibuat pemerintahan dari silabus, dengan point pertama, inilah poin pertama yang akan saya berikan terhadap peserta didik :
1.      Memahami = teks deskripsi mengenai objek(sekolah, tempat bersejarah atau suasana pentas)
Disini dalam poin pertama saya akan memberikan objek yang saya khususkan objek di sekolahan karena yang dekat dengan peserta didik, disini metode saya adalah menerangkan apa itu teks deskripsi setelah menerangakan, lalu  saya melakukan uji coba melalui pembelajaran saya, yaitu membentuk kelompok dengan model bazz group yaitu dari kelompok besar menjadi kelompok kecil, objek yang saya berikan adalah menganalisis dan mendeskripsikan tentang tumbuhan di sekitar lingkungan sekolah dengan mencatat manfaat tumbuhan tersebut. Jadi saya melakukan pembelajaran di luar kelas juga.

2.      Mengamati dan mengidentifikasi = dalam teks deskripsi iru harus ada pengamatan dan mengidentifikasi, siswa saya suruh untuk mengamati dan mengedentifikasi terhadap tugas yang saya berikan untuk mengamati tumbuhan disekitar sekolah, disamping pengamatan saya sebagai guru pun juga mengamati kinerja peserta didik yang sedang melakukan tugasnya.
3.      Pendekatan = seorang guru harus wajib melakukan pendekatan dalam sistem pembelajarannya disini ketika metode saya sedang berjalan dan peserta didik telah aktif berdiskusi perkelompoknya mengenai pendiskripsian terhadap lingkungan disekitarnya, kemudian saya sebagai guru melakukan surve dan menilai keaktifan peserta didik dalam diskusi yaitu dengan cara berkeliling, ketika peserta didik telah selesai mengerjakan tugasnya, kemudian saya suruh kumpul jadi satu semuanya kemudian mempresentasikan perkelompok dengan penunjukannya melalui cara lempar bola, dengan ini maka akan efisien dan ceria.

Setelah dari point pertama telah saya berikan dengan model pembelajaran saya, selanjutnya saya melakukan metode pembelajaran yang sesuai dengan KD point ke dua 3.2.
Sebagai seorang pengajar saya melakukan dengan poin ke dua yaitu menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek dan materi selanjutnya.
1.      Mengapresiasi = sebagai guru ketika ada seorang peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar harus ada sisi pengapresian, disini metode pengapresiasian saya adalah berupa tepuk tangan dan pemberian nilai tambahan.
2.      Berkelompok = dalam metode saya dalam pembelajaran yaitu saya sangat suka dengan cara berkelompok, karena dengan cara ini siswa bisa berinteraksi dengan baik.
3.      Penilaian = menjadi seorang pengajar harus menilai dan wajib ketika mengenai hasil pembelajarannya yaitu dengan teks tertulis, pilihan ganda, esai maupun lisan.

Dari uraian di atas adalah metode yang saya rangkai ketika pembelajaran berlangsung maupun sebelum pembelajaran berlangsung. Metode pembelajaran ini saya sesuaikan dengan KD yang ada, agar tidak melenceng dari pembelajaran yang sudah di sistemkan oleh kepemerintahan, menurut saya metode ini sangat cocok di jaman sekarang ini, karena kebanyakan siswa itu missal berada di dalam kelas terus untuk melaksanakan pembelajaran akan merasa jenuh.
Metode saya ini mempunyai symbol yaitu mengajar dengan ikhlas dan bersama-sama saling interaksi, bersikap disiplin dalam bertindak.

                                                                       Penulisan,by Reno septia budi L

Komentar

Postingan Populer